Berhati-hatilah! Depresi Dapat Membuat Otak Lebih Tua10 tahun

Berapa umurmu 20? 30 tahun atau 40 tahun? Semakin besar usia, semakin besar tanggung jawab dan tekanan dalam hidup. Dengan cara ini kita juga lebih rentan terhadap perasaan tertekan dan tertekan.

Hati-hati, Anda tahu, depresi dapat mempercepat penuaan otak kita. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Universitas Yale, ia menganalisis otak orang yang depresi berusia 40 hingga 50 tahun. Pemindaian menunjukkan adanya kepadatan sinaptik atau jumlah koneksi di otak.

Synaptic adalah koneksi antara neuron yang melaluinya informasi dapat memasuki wilayah otak. Ada sekitar 100 miliar neuron di otak, masing-masing dengan maksimum 10.000 koneksi.

Penulis utama, Dr. Irina Esterlis, mengatakan bahwa pemindaian dengan PET menunjukkan bahwa kepadatan sinaptik 2-3% lebih rendah pada orang yang mengalami depresi kronis. Akibatnya, otak 10 tahun lebih tua dari yang sebenarnya.

Lebih buruk lagi, depresi juga dapat memicu hilangnya ingatan lebih awal, kabut otak, melambatnya bicara, dan bahkan risiko lebih dini dari penyakit yang berkaitan dengan usia seperti Alzheimer.

“Orang yang depresi berpotensi menjadi buruk, dan kita dapat melihat bahwa orang memiliki kepadatan di hippocampus yang mungkin menderita Alzheimer,” kata Esterlis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *