Tanpa Disadari, 5 Makanan Ini Bisa Picu Diare pada Anak

Anak-anak memang rentan terkena berbagai penyakit. Salah satu penyebabnya karena makanan yang mereka konsumsi. Ada banyak penyakit yang bisa menyerang mereka. Umumnya, bila berhubungan dengan makanan adalah diare. Diare pada anak bisa dipicu karena berbagai makanan berikut. Apa saja?

  1. Pengganti Gula

Pengganti gula seperti aspartam, sucralose, dan sorbitol umum ditemukan di berbagai jenis makanan yang dikonsumsi anak seperti permen karet dan minuman dalam kemasan. Makanan ini disukai anak karena rasa manisnya. Namun, mereka tak sadar bahwa pemanis buatan seperti ini bisa bertindak sebagai pencahar yang bisa jadi penyebab diare.

  1. Produk Susu

Selain itu, makanan lain yang bisa jadi penyebab terjadinya diare pada anak-anak adalah produk olahan susu. Itu dikarenakan susu mengandung laktosa dalam jumlah tinggi. Selain susu, produk turunan susu juga tidak disarankan dikonsumsi terlalu banyak terlebih untuk mereka yang intoleran terhadap laktosa.

Beberapa produk turunan susu yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan itu adalah keju, yogurt hingga es krim. Gejala umum yang terjadi pada diare akibat intoleran laktosa yang ada dalam produk susu adalah rasa mual, kram dan disertai kembung hingga berakibat diare.

  1. Roti Gandum

Selain itu, diare pada anak juga bisa terjadi karena mengonsumsi roti gandum. Roti gandum kaya akan gluten atau campuran protein. Makanan ini bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih bisa menyebabkan kembung dan berakibat pada diare. Serangan utama makanan ini pada saluran pencernaan adalah pada lapisan usus halus.

  1. Makanan yang Digoreng

Bukan hanya si kecil saja yang bisa mengalami diare bila terlalu sering mengonsumsi makanan yang digoreng. Anda yang dewasa juga bisa. Ada baiknya, Adna mengombinasikan berbagai jenis makanan untuk si kecil. Jangan terlalu sering karena bisa menyebabkan diare yang parah.

  1. Kubis dan Brokoli

Siapa sangka, mengonsumsi kubis dan brokoli juga bisa membuat si kecil diare. Kubis dan brokoli umumnya disajikan dalam sup yang disukai si kecil. Sebenarnya, kedua makanan ini mengandung zat gizi yang bagus. Namun, keduanya juga mengandung gula yang tak bisa dicerna oleh pencernaan si kecil.

Kalau sudah begini, perut anak Anda akan memproduksi terlalu banyak gas sehingga cepat sakit perut dan akhirnya diare. Meski begitu, bukan berarti Anda tak boleh memberikan kubis dan brokoli pada si kecil, ya! Anda tetap bisa menggunakannya asalkan sesuai takaran dan dikombinasikan dengan sayuran lain.

Itulah beberapa makanan yang tanpa disadari bisa sebabkan diare pada anak. Bila mengonsumsinya dalam jumlah wajar, memang tak apa. Namun, kalau sudah banyak, Anda harus hati-hati. Nah, bila diare sudah menyerang anak, Anda tak perlu khawatir. Tetap tenang dan berikan pertolongan pertama padanya dengan tetap memberi asupan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *