Nutrisi Otak yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil Agar Melahirkan Bayi Pintar

Ingin punya anak yang tidak hanya sehat tetapi juga pintar? Caranya gampang sekali, Anda hanya perlu lebih rutin lagi mengkonsumsi nutrisi otak terbaik berikut ini. Pada dasarnya apapun yang akan masuk ke dalam tubuh Anda selama dalam masa kehamilan tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan otak bayi yang Anda kandung.

Ada beberapa jenis makanan yang terbukti mampu tingkatkan daya ingat bayi dalam kandungan, sebagian lagi ternyata berdampak pada kemampuan bayi untuk belajar serta menunjang perkembangan otaknya secara menyeluruh. Daripada harus berlama – lama lagi langsung saja simak ulasan selengkapnya tentang deretan nutrisi otak yang baik dikonsumsi ibu hamil agar melahirkan bayi pintar berikut ini.

Nutrisi Otak yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil Agar Melahirkan Bayi Pintar

Telur ayam

Meskipun ada banyak sekali jenis telur yang baik untuk dikonsumsi, seperti halnya telur puyuh, telur bebek, atau yang lainnya, akan tetapi pada kenyataannya telur ayam tetaplah menjadi satu – satunya yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika Anda memang ingin mendapatkan nutrisi otak terbaik agar melahirkan bayi pintar selama dalam masa kehamilan, maka Anda harus lebih rajin lagi mengkonsumsi telur ayam.

Salmon dan ikan laut lainnya

Ternyata ikan salmon dan jenis ikan laut lainnya memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa asam lemak omega 3 tersebut merupakan salah satu jenis kandungan yang berperan aktif untuk mendukung perkembangan syaraf otak pada janin dalam kandungan. Meskipun demikian, konsumsi ikan laut lebih baik tidak dilakukan secara berlebihan, Anda bisa mengkonsumsinya 2 porsi tiap minggu. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko keracunan merkuri.

Daging tanpa lemak

Ini adalah jenis sumber protein terbaik dan sekaligus memiliki kandungan vitamin B dan zat besi yang tinggi. Protein pada dasarnya dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan, juga pertumbuhan otot. Sementara itu untuk vitamin B-nya sendiri membantu perkembangan otak serta jaringan tubuh yang lain. Dan zat besi yang dimilikinya mampu mencegah bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

Sayuran hijau

Sayuran yang berdaun hijau ini pada dasarnya mengandung antioksidan tinggi yang akan melindungi jaringan otak bayi yang ada dalam kandungan dari kerusakan. Selain sayuran hijau, ibu hamil juga tidak boleh mengabaikan sumber antioksidan tinggi lainnya, seperti tomat atau pepaya.

Kacang – kacangan

Sebetulnya kacang – kacangan ini tidak hanya baik dikonsumsi oleh ibu hamil, Anda yang sedang tidak dalam masa kehamilan pun perlu mengkonsumsinya setiap hari untuk hidup lebih sehat. Salah satu khasiat kacang – kacangan untuk ibu hamil adalah bisa membantu mencerdaskan bayi sejak dalam kandungan. Kaya akan kandungan magnesium, kacang – kacangnya dipercaya mampu membantu perkembangan sistem syaraf pada janin, dan menekan resiko persalinan premature.

Polong – polongan

Nutrisi lain yang baik untuk ibu hamil adalah polong – polongan. Ini adalah sumber makanan dengan zat besi yang sangat tinggi, sehingga baik dikonsumsi ibu hamil. Apalagi zat besi penting untuk menjaga asupan oksigen pada janin. Kekurangan oksigen tentu saja akan menghambat pertumbuhan fisik janin, tak terkecuali otak.

Suplemen vitamin B

Untuk yang terakhir ini nanti akan menjamin proses pembentukan sel otak pada bayi yang sehat. Ada sebuah penelitian yang berhasil menunjukkan bahwa asupan suplemen asam folat jika dikonsumsi beberapa minggu sebelum kehamilan bisa menekan resiko autisme.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang nutrisi otak yang baik dikonsumsi ibu hamil agar melahirkan bayi pintar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *