Macam Bidang Akuntansi yang Wajib Anda Ketahui

Akuntansi, tentu saja, ilmu yang luas untuk dipelajari, Anda harus terlebih dahulu memahami jenis-jenis bidang akuntansi tersebut. Bidang akuntansi bertepatan dengan pengembangan ekonomi, industri, teknologi dan bidang lain yang secara langsung atau tidak langsung terkait untuk lebih jelasnya silahkan mengunjungi referensi berikut https://guruakuntansi.co.id. Anda mungkin sudah mengetahui sejumlah bidang akuntansi terkenal, seperti akuntansi keuangan atau akuntansi biaya. Namun sebenarnya ada banyak area akuntansi yang mungkin tidak Anda ketahui, terutama ketika akuntansi jarang digunakan di Indonesia.

Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan meliputi registrasi dan klasifikasi transaksi bisnis, termasuk persiapan dan penyajian laporan keuangan untuk pengguna internal dan eksternal. Di Indonesia, setiap orang harus mematuhi standar akuntansi yang ditetapkan saat menyusun akun, yaitu PSAK yang dikeluarkan oleh Institut Akuntansi Indonesia (IAI). Akuntansi keuangan terkait dengan pemrosesan data historis.

Laporan manajemen

Akuntansi manajemen berfokus pada penyediaan informasi untuk penggunaan pengguna internal (manajemen) di masa depan, ini berbeda dengan akuntansi keuangan. Industri ini berkaitan dengan kebutuhan manajemen dan tidak ada hubungannya dengan standar akuntansi yang umum digunakan. Akuntansi manajemen meliputi analisis keuangan, penganggaran dan perkiraan, analisis biaya, evaluasi keputusan bisnis dan masalah perencanaan lainnya.

Akuntansi biaya

Kadang-kadang dianggap sebagai bagian dari akuntansi manajemen, akuntansi biaya mengacu pada pendaftaran, presentasi dan analisis biaya produksi. Perhitungan biaya sangat berguna di perusahaan produksi karena mereka memiliki proses biaya yang paling rumit. Pengontrol biaya juga menganalisis biaya dan standar aktual untuk membantu eksekutif menentukan tindakan di masa depan terkait dengan aktivitas perusahaan.

Akuntansi Audit

Ada dua jenis akuntansi untuk audit atau audit, yaitu audit eksternal dan audit internal. Audit eksternal berpedoman pada pemeriksaan laporan keuangan pada pihak independen untuk memberikan pendapat tentang keakuratan penyajian dan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip standar akuntansi umum yang berlaku untuk pelaporan keuangan. Sementara audit internal berfokus pada evaluasi kecukupan struktur kontrol internal perusahaan dengan menguji pemisahan tugas, kebijakan dan prosedur, tingkat persetujuan dan kontrol lain yang dilaksanakan oleh manajemen.

Akuntansi pajak

Administrasi pajak berguna untuk membantu pelanggan mengikuti aturan otoritas pajak. Ini termasuk perhitungan pajak dan persiapan laporan pajak. Laporan ini juga mencakup penentuan pajak penghasilan dan pajak lainnya serta layanan konsultasi pajak, seperti cara untuk meminimalkan pajak secara legal, mengevaluasi dampak keputusan pajak, dan masalah lain yang berkaitan dengan pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *