Motif Batik Solo yang Dijadikan Oleh-Oleh

Batik adalah citra khas Indonesia. Ada berbagai jenis motif batik dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan di satu daerah ada banyak motif berbeda. Sama seperti di Solo, salah satu kota penghasil, ada sejumlah motif batik dengan makna berbeda. Banyak orang membuat batik untuk pakaian sehari-hari atau untuk acara yang lebih formal, seperti acara pernikahan atau pakaian kerja. Itulah sebabnya kain batik cocok untuk digunakan sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga di kota Anda. Namun tidak banyak orang yang tahu arti dari setiap motif pakaian batik. Jadi bagi yang akan berlibur ke Solo, Anda bisa membaca arti dari beberapa toko batik ini sebelum Anda membeli batik untuk oleh-oleh, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan teman atau keluarga.

1. Batik Motif Kawung

Kain batik ini disebut batik kawung karena motifnya memiliki bentuk bulat dan agak lonjong dari kawung. Bagi Anda yang tidak tahu, kawung adalah sejenis kelapa atau sering disebut buah dan bagian depan. Motif kawung ini disusun secara geometris dan berjalan sejajar dengan lotus dengan empat kelopak. Orang Jawa menafsirkan lotus sebagai simbol kemurnian dan umur panjang. Sebelumnya, motif batik ini hanya digunakan oleh pekerja kantoran. Sekarang banyak orang dari semua lapisan masyarakat mengenakan pakaian batik untuk penggunaan sehari-hari. Kain batik ini sangat cocok jika Anda membuat oleh-oleh.

2. Batik Motif Parang

Banyak orang mengatakan bahwa motif batik ini adalah salah satu motif batik tertua di Indonesia. Motif parang seperti susunan huruf S, yang menyatu dari tinggi ke rendah dan membentuk garis diagonal. Karenanya motif ini diberi nama parang yang berasal dari kata pereng, yang berarti kemiringan. Motif S terjalin melambangkan kontinuitas. Sementara motif huruf S sendiri dikeluarkan dari ombak, yang bagi orang Jawa melambangkan semangat yang tidak pernah pudar. Pada zaman kuno, batik parang digunakan oleh para pemburu yang akan pergi berperang berharap untuk kembali ke kemenangan. Sekarang Anda bisa melihat kain batik parang sebagai pakaian yang berbeda di mana-mana. Anda dapat memberikan bahan ini sebagai oleh-oleh untuk mendorong teman-teman Anda yang berjuang untuk mencapai tujuan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *