Rekomendasi Makanan dan Minuman Terbaik Pasca Operasi Caesar


Setiap wanita pasti ingin melahirkan normal, terutama jika itu adalah proses persalinan pertama. Tetapi tidak bisa menghindari jika kondisi tubuh tidak memungkinkan dan dokter menyarankan untuk operasi caesar.

Persalinan dengan operasi caesar ini akan meninggalkan luka yang harus dijaga agar tidak infeksi. Waktu pemulihannya juga lebih lama dibandingkan persalinan vaginal. Perawatan luka operasi caesar juga dapat dilakukan dirumah, berikut ulasannya.

Rekomendasi Makanan dan Minuman Terbaik Pasca Operasi Caesar

1.Makanan Sehat

Rasa nyeri dan kelelahan setelah melewati operasi caesar tidak dapat anda dihindari. Umumnya berlangsung hingga 7-10 hari. Agar tubuh cepat pulih seperti sediakala, maka anda harus memperoleh asupan yang tepat. Konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat, zat besi, kalsium, vitamin, dan protein tinggi.

Selain itu, anda dapat mengkonsumsi vitamin C dapat membantu mencegah infeksi disekitar area luka. Anda dapat membeli vitamin C dan suplemen lainnya di link https://www.goapotik.com/produk/inbumin-250-mg-box-30-tablet.

Kandungan protein bagi tubuh juga harus terpenuhi dengan mengkonsumsi daging-dagingan. Mampu merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Selain itu, berfungsi untuk menguatkan otot yang kendur pasca operasi caesar.

Makanan lainnya yang menjadi rekomendasi penyembuhan adalah yogurt rendah lemak, kacang-kacangan seperti kacang polong, dan keju. Yogurt juga mengandung yodium yang berperan menjaga kestabilan bakteri dalam tubuh.

Sangat baik mengkonsumsi biji wijen setiap hari karena mengandung zat besi, tembaga, fosfor, magnesium, dan kalium tinggi. Perbanyak makan sayur-sayuran seperti bayam, labu, dan brokoli. Serta buah-buahan yang tinggi Vitamin C untuk mencegah sembelit.

Setelah kebutuhan makanan sehat tercukupi maka adapula makanan yang harus dihindari yakni gorengan. Makan gorengan tidak karena mengakibatkan kelebihan gas sehingga pemulihan dinding rahim lebih lama. Anda juga harus beristirahat dan tidur yang cukup.

2.Minuman Sehat

Anda tentu tahu minuman apa yang paling sehat dan wajib diminum adalah air mineral atau air putih. Minum air putih sebanyak 2 liter per hari dapat mencegah dehidrasi, memperlancar pencernaan usus, dan proses pemulihan lebih cepat.

Jika anda mual karena meminum air putih berlebihan maka dapat diselingi dengan air kelapa, teh herbal, dan jus. Minumlah susu segar atau susu pasca melahirkan secara rutin. Kandungan zat besi dan kalium didalam susu tersebut sangat bermanfaat meningkatkan hemoglobin.

Susu juga dapat memperlancar produksi ASI anda. Sebaiknya konsumsi susu yang rendah lemak. Kalium pada susu juga dapat merelaksasi otot, mencegah osteoporosis dini, dan pembekuan darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *