Tips Ampuh Mengatasi Bau Badan Wanita, Di Jamin Tak Bau Lagi!

Memiliki bau badan tak sedap tentu ini akan mengganggu aktivitas harian Anda, apalagi bila Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Sebagai wanita penting untuk menjaga aroma tubuh, pasalnya aroma tubuh wanita memiliki bau yang lebih tak sedap dibandingkan pria. Banyak cara yang bisa di coba untuk mengatasi bau badan wanita, mulai dari cara alami hingga cara modern sekali pun seperti menggunakan deodorant. Namun bila Anda tak telaten dan memperhatikan tubuh dengan baik, hal ini akan sia – sia saja.

Bagaimana Bisa Bau Badan Terjadi?

Sebelum Anda mengetahui cara mengatasi bau badan wanita, Anda perlu tahu dulu bagaimana bau badan ini bisa terjadi. Bau badan terjadi karena produksi keringat Anda berlebih dan bercampur dengan bakteri yang menempel pada kulit Anda. Setiap tubuh wanita memiliki kondisi yang berbeda – beda, ada yang bisa menghasilkan lebih banyak keringat dan ada pula yang memproduksi sedikit keringat. Sedangkan bagian tubuh wanita yang memiliki keringat berlebih ini adalah ketiak dan selangkangan.

Produksi kelenjar keringat ini terjadi ketika udara yang panas, melakukan aktivitas fisik, merasa gugup, hingga stres. Perlu diketahui ada dua jenis kelenjar keringat tubuh yang utama yakni kelenjar apokrin dan ekrin. Kelenjar ekrin ini kebanyakan berada di dalam tubuh, lebih tepatnya dekat dengan permukaan kulit. Sementara kelenjar apokrin paling banyak berada di bagian folikel rambut seperti ketiak dan selangkangan.

Bila suhu tubuh Anda meningkat, kelenjar ekrin ini lah yang akan menetralkan suhu tubuh Anda dengan mengeluarkan keringat yang terdiri dari air dan garam ke permukaan kulit. Sedangkan kelenjar apokrin akan menghasilkan keringat dengan tekstur lebih berat dibandingkan kelenjar ekrin. Sebenarnya keringat tak memiliki bau, namun bila keringat bertemu dengan bakteri inilah yang menyebabkan aroma yang tak sedap atau yang biasa dikenal bau badan. Biasanya untuk mengatasi bau badan wanita, mereka para wanita akan menggunakan deodorant sebelum beraktivitas.

Mengatasi Bau Badan Wanita

  1. Menggunakan deodorant
    Banyak wanita yang menggunakan deodorant untuk mengatasi bau badan wanita. Namun tahu kah Anda bagaimana deodorant ini bekerja? Cara kerja deodorant sendiri adalah dengan menyerang bakteri penyebab penghasil bau badan. Sehingga tak heran bila ada beberapa deodoran yang mengandung alkohol dan anti bakteri, hal ini bertujuan agar bakteri tidak bisa hidup maupun berkembang biak.
  1. Menjaga kebersihan tubuh
    Pertumbuhan bakteri penyebab bau badan dapat di cegah dengan menjaga tubuh agar tetap bersih. Dengan hanya mandi, secara tak langsung Anda meminimalisir bakteri di tubuh Anda, mandi lah minimal satu kali sehari dengan bersih. Pastikan membersihkan bagian tubuh yang rentan terhadap produksi keringat dan bakteri berlebih seperti ketiak.
  1. Menjaga tubuh tetap kering
    Setelah mandi, pastikan tubuh Anda benar – benar kering terutama bagian tubuh yang rentan terhadap keringat. Bagian tubuh yang sangat lembap dapat membuat bakteri di bagian tersebut berkembang biak. Bila Anda berkeringat, se bisa mungkin untuk menggosokkan bagian tersebut dengan tisu atau handuk hingga kering, agar keringat tak bereaksi dengan bakteri sehingga bisa menimbulkan bau badan.
  1. Mengganti pakaian
    Tips mengatasi bau badan wanita lainnya yakni mengganti pakaian. Bila Anda sudah berkeringat, sebaiknya mengganti pakaian bersih dan kering lainnya. Bila perlu bawalah pakaian ganti saat Anda sedang beraktivitas di luar, seperti saat sedang berolahraga. Baju bersih bisa membantu mengurangi reaksi antara keringat dan juga bakteri.
  1. Hindari makanan berbau tajam
    Makanan bisa menjadi faktor yang menyebabkan Anda memiliki keringat berlebih dan bau badan. Pasalnya makanan pedas, kafein, hingga alkohol bisa membuat produksi keringat tubuh meningkat. Ada beberapa makanan yang mengandung sulfur bisa membuat badan tak sedap, hal ini terjadi karena komponen tersebut diproses oleh tubuh dan nantinya dikeluarkan dari napas, keringat, dan urin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *