Agar Nggak Gampang Haus Saat Berpuasa di Tengah Cuaca Terik

Saat Anda berpuasa, jauh lebih sulit untuk menahan rasa haus daripada lapar. Ketika Anda haus, tubuh Anda akan mudah menjadi lemah dan menyebabkan sakit kepala. Haus dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti aktivitas berat selama cuaca panas atau karena makanan. Agar puasa lancar dan tidak ribet, kendalikan rasa haus Anda saat puasa agar tidak menyebabkan dehidrasi parah. Dikutip dari https://tipandroid.com/ salah satu diantaranya adalah.

1. Konsumsi air yang mencukupi

Bahkan jika Anda sedang berpuasa, Anda masih harus minum delapan gelas air sehari untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Terapkan aturan minum sebagai berikut; dua gelas saat matahari terbit, dua gelas saat istirahat dan empat gelas pada malam hari. Cobalah minum segelas air setiap jam untuk waktu yang tertunda setelah tidur.

2. Kurangi konsumsi minuman berkafein

Minuman kopi bahkan dapat meningkatkan atau buang air kecil. Akibatnya, tubuh menjadi sedikit haus atau bahkan mengalami dehidrasi. Minuman berkafein ini tidak hanya dalam kopi tetapi juga dalam teh. Tidak apa-apa, tapi terbatas, ya. Cukup tambahkan banyak air.

3. Jangan makan makanan asin dan pedas

Jenis makanan ini tampaknya menarik banyak cairan dalam tubuh, yang membuat kita sedikit haus. Launch Page Compass, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar kami membatasi konsumsi natrium atau garam hingga 2.400 miligram atau setara dengan 1 sendok teh garam per hari.

4. Pertahankan suhu tubuh

Jika cuaca mulai menghangat dan suhu tubuh naik, cobalah berbaring di lantai tanpa alas. Juga, jangan mencoba melakukan aktivitas intensitas tinggi di luar ruangan. Pastikan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan dingin agar Anda tidak cepat berkeringat.

5. Perhatikan waktu dan intensitas olahraga

Berolahraga saat puasa bisa membuat tubuh lebih bugar. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar Anda tidak mengalami dehidrasi. Misalnya, latihan ringan, jogging atau senam mungkin. Selain itu, latihlah 30 hingga 60 menit sebelumnya untuk berbuka puasa agar asupan energi dapat dipulihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *