Cara Mengecek BI Checking Sebelum Melakukan Pinjaman

Permintaan pinjaman bank tanpa jaminan akan selalu disetujui. Bank biasanya akan mengetahui kredibilitas peminjam di masa depan. Calon peminjam tidak diharapkan terlambat di masa mendatang, terutama jika mereka berhenti membayar setengah angsuran.

Bank biasanya melakukan BI checking atau sejarah kredit pertama kali di CIS atau pada sistem informasi pemberi pinjaman. Oleh karena itu, Anda akan mengetahui apa sejarah kredit peminjam itu. Pembayaran ditetapkan atau tidak ditangguhkan. Data ini akan digunakan oleh bank untuk menentukan apakah peminjam memenuhi syarat untuk pinjaman.

Per 2018, Inspeksi BI telah dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan). Jadi tidak perlu melakukan ini secara langsung di Bank Indonesia. Berikut ini menjelaskan cara memeriksa BI Checking Anda dan memperbaiki riwayat kredit yang salah.

Cara memeriksa BI Checking

Tidak sulit untuk memeriksa BI Checking, selama Anda tahu kondisinya dan prosedur apa yang harus dilakukan. Pertimbangkan langkah-langkah untuk Memverifikasi Daftar Periksa BI di bawah ini.

  • Datanglah ke kantor OJK dan bawa dokumen yang diperlukan.
  • Dokumen yang Anda bawa akan ditinjau terlebih dahulu oleh OJK.
  • Jika semua dokumen memenuhi syarat, Anda akan mendapatkan informasi debitur.
  • Setelah Anda memiliki informasi tentang debitur, Anda akan dapat melihat seberapa baik skor Anda. Skor dapat dilihat oleh kelompok kolektor berdasarkan bagian.

Cara memperbaiki riwayat kredit yang buruk

Jika Anda memiliki riwayat kredit yang buruk, bank Anda biasanya akan menolak pinjaman Anda. Itu sebabnya Anda perlu memperbaiki riwayat kredit buruk Anda. Inilah cara meningkatkan riwayat kredit Anda sehingga Anda bisa mendapatkan pinjaman bank:

  • Hal utama yang harus dilakukan untuk meningkatkan riwayat kredit macet Anda adalah menghapus semua hutang atau cicilan. Anda perlu memastikan tidak ada hutang atau cicilan yang menunggak.
  • Jika semua hutang Anda telah dibayar, cobalah memantau BI Checking Anda terlebih dahulu. Jika data telah berubah, Anda dapat segera mengambil langkah terakhir.
  • Terakhir, Anda dapat menunjukkan semua dokumen yang terkait dengan kewajiban kredit yang bisa Anda dapatkan dari bank tempat Anda pertama kali meminjam. Setelah memperoleh dokumen, Anda dapat mengembalikannya ke FSA dan menunggu BI Checking untuk dihapus.

Setelah memeriksa BI Checking Anda dan hasilnya baik, Anda dapat segera mengajukan pinjaman bank. Pinjaman ini dapat berupa KTA (pinjaman tanpa jaminan), pembuatan kartu kredit, KKB (pinjaman kendaraan bermotor) atau bahkan hipotek (pinjaman hipotek).

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman untuk membeli KPR, sekarang ada promosi di Citraraya Tangerang. Jika Anda membeli rumah menggunakan hipotek, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan menarik. Misalnya, tingkat hipotek 5% dimuka hanya 4,63%. CitraRaya memiliki beberapa pilihan akomodasi yang dapat Anda pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *