Pengertian dan Teknik OFFSET PRINTING

Pengertian dan Teknik OFFSET PRINTING

OFFSET PRINTING sangat dekat dengan kehidupan sehari – hari kita. Karena, buku, koran, majalah merupakan hasil produksi dari jasa offset printing. Selain itu, terdapat beberapa teknik dalam proses cetak offset. Oleh karena itu, kami akan bahas beberapa hal mengenai pengertian, teknik mencetak, dan proses mencetak yang biasa dilakukan oleh penyedia jasa offset printing.

Pengertian Cetak Offset

Penjelasan tentang pengertian dari cetak offset

adalah teknik percetakan yang menggunakan gambar bertinta untuk kemudian di transfer terlebih dahulu dari plat ke lembaran karet untuk kemudian dicetak pada permukaan yang akan dicetak.. Ketika dikombinasikan dengan proses litografi, yang berdasarkan pada sifat air dan minyak yang tidak bercampur, maka teknik offset menggunakan sebuah pemuat citra yang rata (planographic) di mana citra yang akan dicetak mengambil tinta dari penggulung tinta (ink rollers), sementara area yang yang tidak dicetak menarik air, menyebabkan area yang tak dicetak bebas tinta.

Teknik Dasar dalam Percetakan Offset

Teknik dasar dalam pembuatan cetak offset, jasa offset printing ini biasanya menggunakan sebuah pemuat image yang rata dimana gambar yang akan dicetak megambil tinta melalui penggulung kertas, sedagkan area yang tidak dicetak menarik air sehingga permukaannya tidak terkena tinta.

Proses pra-cetak pada Cetak Offset

Bagaimana proses pra-cetak atau sebelum mencetak offset?

Ketika akan memproduksi produk dengan teknik cetak offset ini ada beberapa proses atau tahapan yang harus dilalui oleh jasa offset printing. Tahap pertama yaitu tahapan pra-cetak meliputi persiapan repro film yang akan digunakan. Setelah desain finish dan siap dioutput utuk dibuatkan film. Tahap selanjutnya setelah film selesai adalah melakukan rekam plat. Rekam plat yaitu hasil film repro direkam prosesnya serupa dengan fotocopy, pada materi berupa plat aluminium yang nantinya akan dipasang di mesin cetak. Kemudian menyiapkan kertas yang dibutuhkan (sesuai pesanan/keperluan). Tahap pra-cetak yang terakhir yaitu menyiapkan berbagai warna tinta sesuai kebutuhan, alkohol, fountain, dll. Setelah semua bahan-bahan ini disiapkan maka tahap selanjutnya adalah tahap pencetakkan.

Proses cetak pada Offset Printing di jasa offset printing

Pembahasan berikutnya, yaitu memasuki tahap mencetak ini tahap awal adalah menyiapkan plat yang telah diaplikasikan desain dipasang di mesin cetak. Selain memasang plat pada mesin, juga disiapkan bahan-bahan dan peralatan lainnya sesuai dengan fungi dan kebutuhan, seperti tinta dan kertas. Dan masing-masing diletakkan pada tempatnya, plat dipasang di atas roll yang ada di bawah mesin, untuk kertas dipasang di bawah roll (yang mendatar), sementara tinta pun dipasang pada tempatnya dengan warna yang sesuai dengan pesanan atau kebutuhan. Setelah semua siap dan terpasang, maka mesin siap dijalankan. Tinta tersebut juga bersinggungan dengan rol yang terlah dipasangi plat baja, sedangkan tinta bersinggungan pula dengan kertas sehingga desain yang ada di plat berpindang ke kertas dan keluar sesuai desain.

Proses finishing pada Offset Printing

Pembahasan terakhir yaitu pada saat memasuki tahap akhir atau finishing, pertama yang dilakukan adalah memotong kertas sesuai ukuran yang diminta atau sekedar merapikan pinggir kertas. Kemudian membubuhi kertas dengan berbagai macam hiasan atau sesuai kebutuhan, misalnya saja dengan membubuhkan embossed yaitu menghiasi kertas dengan tulisan atau gambar timbul atau tenggelam akibat matres. Pemberian perekat atau lem jika produk yang dibuat berupa amplop. Kemudian dilaminating dengan plastik mengkilap atau buram/dop pada bagian luar sehingga memunculkan kesan yang estetis. Dan bisa juga diaplikasikan dengan pon’s, yaitu memotong kertas menjadi bentuk-bentuk yang unik dan menarik, sesuai kebutuhan atau pesanan anda di jasa offset printing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *