Cara Melihat dan Membersihkan BI Checking agar Pengajuan Kredit Lolos

Sebelum mengajukan KPR seperti KPR atau KPA, ada baiknya untuk memastikan status BI Checking sebelum memulai proses pengajuan kredit. Memastikan status BI Checking atau riwayat kredit pribadi Anda penting dilakukan supaya seluruh proses pengajuan KPR atau juga KPA yang telah Anda lakukan pada akhirnya tidak lagi ditolak oleh pihak bank.

Bank tidak akan melanjutkan pengajuan kredit Anda jika Pemeriksaan BI menunjukkan pengaruh riwayat kredit tidak lancar. Hal ini diinginkan bagi perbankan mengingat tingginya nilai kredit residensial, maka jelas bank akan melakukan tindakan pencegahan terhadap kredit macet. Karena Pemeriksaan BI akan menentukan nasib kredit Anda, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu detail Pemeriksaan BI, termasuk cara melihat dan membersihkannya hingga pengajuan kredit Anda diterima oleh bank.

BI Checking adalah proses pengecekan history untuk mengecek pembiayaan kredit terbaru (recovery). Semua informasi ini terdapat dalam Sistem Informasi Debitur. Sistem Informasi Debitur sendiri merupakan sistem dimana identitas debitur, pemilik dan pengurus, struktur penarikan dana / pinjaman yang diterima, agunan, penjamin dan penagihan dapat hadir.

Data dalam SID dikumpulkan dari data debitur yang diberikan oleh anggota Biro Informasi Perkreditan. BI menerima data setiap bulan. Data tersebut selanjutnya akan diolah dan hasilnya akan dikomunikasikan kepada anggota Biro Informasi Perkreditan yang akan meminta BI Checking. Bank Indonesia atau BI akan memberikan SID jika memang lembaga keuangan tempat Anda meminta kredit memintanya. Yang bisa mengakses BI Checking adalah lembaga keuangan perbankan dan bukan bank yang tergabung dalam Biro Informasi Perkreditan.

Sejak 1 Januari 2018, Pemeriksaan SID atau BI yang semula dilakukan oleh Bank Indonesia telah berpindah tangan dan menjadi tanggung jawab OJK (Badan Jasa Keuangan). Pengalihan kekuasaan ini terkait peluncuran Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Cara membersihkan BI Checking atau SLIK

Seperti yang disebutkan di atas, jika nilai Ujian BI atau SLIK Anda adalah 3, 4, atau 5, dapat dipastikan bahwa tidak ada bank atau lembaga keuangan yang akan menyetujui pengajuan kredit Anda. Untuk ini, kami menghapus riwayat kredit Anda sehingga nilai ujian BI Anda meningkat dan kredit Anda disetujui. Ada beberapa langkah yang bisa Anda coba sebagai cara membersihkan BI Checking atau sekarang SLIK:

Mengakses Informasi Debitur Kunjungi Kantor OJK untuk meminta Informasi Debitur dengan mengikuti langkah demi langkah di poin sebelumnya. Layanan SLIK dibagi menjadi dua jam layanan, yaitu pagi dan sore hari. Layanan pagi dimulai pada pukul 09.00, sedangkan layanan sore dimulai pada pukul 13.30.

Bayar tunggakan. Jika skor kredit Anda 2, segera bayar tunggakan Anda. Bagi Anda yang mendapatkan skor 3 atau lebih tinggi, segera lunasi pinjamannya. Dengan memperpanjang pinjaman dalam waktu 3 bulan, nilai kredit Anda akan meningkat sedikit demi sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *