Memilih Kemeja Batik? Perhatikan Hal Berikut

Baju batik pria merupakan salah satu jenis baju yang wajib dimiliki setiap pria. Pasalnya, kemeja batik pria bisa menjadi pilihan fashion saat menghadiri berbagai acara formal maupun semi formal. Tak hanya itu, di Indonesia saat ini pemerintah dan perusahaan telah membuat aturan untuk mengenakan kemeja batik setiap hari Jumat. Dengan pentingnya menggunakan kemeja batik ini, Anda tidak bisa sembarangan memilih kemeja batik. Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat memilih kemeja batik pria. Inilah beberapa di antaranya.

Bahan kemeja batik

Sama seperti membeli jenis pakaian lainnya, hal utama yang perlu diperhatikan pertama kali adalah bahan yang digunakan. Hal ini karena bahan yang dipakai berkaitan dengan kenyamanan Anda saat memakainya. Untuk ini, pastikan Anda memilih bahan kemeja batik pria yang nyaman dipakai. Bahan yang bisa Anda pilih adalah serat alami, seperti katun dan sutra.

Ini karena kapas dikenal bersifat dingin dan bisa menyerap keringat dengan baik. Harganya pun lebih terjangkau. Sedangkan sutra selain nyaman dan ringan juga memberikan efek mewah berkat permukaannya yang mengkilap dan berkilau. Selain itu, sebaiknya hindari memilih kemeja batik berbahan serat sintetis atau kombinasi bahan natural dan sintetis. Hal ini dikarenakan tipe ini cenderung overheat saat digunakan.

Gaya kemeja batik: Slim Fit atau Comfort Fit

Saat ini, banyak sekali model pakaian yang ditawarkan. Salah satunya adalah model slim atau style yang sesuai dengan tubuh. Meskipun model ramping ini mencegah Anda lebih sering bergerak, model ini lebih bergaya karena menghilangkan kelebihan kain. Namun jika kurang menyukai kaos ketat, kamu bisa memilih jenis kaos batik yang tepat agar bisa lebih leluasa dalam beraktivitas.

Pasang kerah ke bentuk wajah Anda

Berbeda dengan busana lainnya, kemeja memiliki kerah khusus. Untuk itu, sangat penting untuk menyesuaikan kerah kemeja batik dengan bentuk wajah Anda. Misalnya, kerah tinggi dan tidak lebar cocok untuk orang dengan wajah bulat, karena akan berdampak tinggi pada leher. Di sisi lain, kerah bawah cocok untuk orang dengan wajah kecil dan runcing.

Motif kemeja batik

Jenis batik Indonesia sangat banyak sehingga dibuat dengan motif dan teknik masing-masing. Untuk itu, Anda perlu memilih corak batik yang sesuai dengan cermat. Anda bisa memilih motif kemeja batik yang tidak terlalu padat, tapi juga tidak terlalu minim. Ini karena akan menimbulkan efek “non-batik”. Jika masih bingung memilih motif batik, Anda bisa mencoba memilihnya sesuai dengan bentuk tubuh Anda. Jika Anda bertubuh kecil, Anda bisa memilih motif batik yang berukuran besar karena dapat membuat tubuh Anda terlihat jadi lebih berisi. Sebaliknya, jika Anda memiliki tubuh besar dan penuh, pilihlah motif batik medium atau kecil, untuk mengurangi dampak besar pada tubuh Anda.

Kualitas kaos batik secara keseluruhan

Kualitas kaos batik secara keseluruhan meliputi potongan, detail jahitan dan kemeja. Kemeja berpotongan rapi umumnya terlihat simetris antara kiri dan kanan. Untuk kualitas jahitan, pastikan jahitan pada kemeja batik yang Anda pilih kuat dan rapi. Selain itu, pastikan detail kemeja batik seperti kancing dan saku (jika ada) dalam kondisi baik. Jadi, Anda bisa memakai baju batik Anda dalam waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *